Jumat, 09 Maret 2012

kapan anime di buat...?

Kata anime adalah kata yang sudah umum didengar dan diucapkan oleh banyak orang, tetapi hanya sebagian kecil orang yang tau dan mengerti apa arti sebenarnya dari kata Animasi dan bagaimanakah sejarah perkembanganya.
Anime adalah kata yang digunakan orang jepang untuk menyebut animation. Arti kata anime kadang-kadang berubah menyasiakan dengan konteksnya. Di negara yang menggunakan bahasa ingris sebagai bahasa sehari-harinya, kata anime lebih mengacu pada kartun-kartun animasi. Anime dijepang mulai dikenal pada tahun 1917, dan banyak kartun-kartun asli jepang yang diproduksi sepanjang dekade, gaya dari karakter anime dikembangkan pada tahu 1960an dan notabennya menggunakan gaya Osamu Tezuka dan kemudian mulai dikenal diluar jepang pada thun 1980an.

Anime, seperti Manga, telah digemari oleh mayoritas warga jepang dan juga sebagian besar negara-negara didunia. Pendistribusianya dapat melalui siaran TV, Video-video, atau dalam bentuk seni drama, yang sebagian besar tersebar secara online. Anime yang dibuat manual, hand-draw, dan juga anime yang dibuat menggunakan komputer, computer-animated, kedua-duanya digunakan dalam serial televisi, film-film, video, game video, acara-acara komersial dan internet-based releases.
Sejarah anime
Anime mulai dibuat pada abad 20an ketika rumah produksh film jepang mencoba tehnik-tehnik animasi yang juga dilakukan oleh orang-orang prancis, jerman, amerika serikat, dan juga rusia. Anime pertama yang berhasil dibuat pertama kali ditayangkan pada tahun 1917,, sebuah klip yang berdurasi 2 menit, kisah seorang samurai yang berusaha untuk mencoba pedangnya pada tergetnya, hanya untuk menggulingkan musuhnya. Setelah itu disusul oleh Shimokawa Oten, Jun’ichi Kouchi, dan Seitaro Kitayama.
Pada tahun 1930an, anime mulai menjadi alternatif lain untuk menceritakan cerita untuk industi film-film action di jepang. Tetapi hal tersebut memperoleh saingan dari produser-produser dari luar negeri dan banyak animator-animator lain, seperti Noburo Ofuji dan Yasuji Murata masih bekerja pada bagian anime yang tidak dijual, meskipun hasilnya sangat baik. Pencipta lain seperti Noburo Ofuji dan Yasuji Murata, meskipun selalu membuat langkah yang mengagumkan dalam tehnik anlme, khususnya dengan meningkatkan bantuan dari sebuah perusahaan yang menggunakan anime dalam pendidikan dan pemasaran. Anime Talkie pertama adalah Chikara to Onna Yo no Naka, diproduksi oleh Masaoka pada tahun 1945 dengan diseponsori oleh Imperial Japanese Navy.
Kesuksesan dari The Walt Disney Company’s 1937, film yang bertajuk Snow White and the Seven Dwarfs mempengaruhi animator-animator jepang. Pada tahun 1960an, artis dan animator manga Osamu Tezuka banyak mengadaptasi tehnik-tehnik animasi untuk mengurangi biaya dan untuk membatasi angka penyusunan dalam produksi. Hal ini dia maksudkan sebagai sebuah pengukur sementara untuk menyediakanya material produksi dalam sebuah jadwal padat dengan staf anime yang tidak memiliki pengalaman.
Pada tahun 1970an terlihat pertumbuhan yang sangat signifikan dari Manga. Hasil kerja dari Osamu Tezuka memperoleh perhatian besar: sehingga dia disebut sebagai “seorang legenda” dan GOD of Manga”. Seluruh hasil karyanya juga semua pendahulu-pendahulunya menjadi inspirasi karakteristik dan aliran anime-anime dimasa kini. Aliran robot raksasa yang diluar jepang dikenal sebagai “Mecha”, dibawah tangan Azuka, kemudian di kembangkan menjadi Super Robot ditangan Go Nagai dan yang lainya, dan akhirnya digubah kembali oleh Yoshiyuki Tomino yang mengembangkan the Real Robot. Serial anime robot seperti Gundam dan The Super Dimension Fortress Macross menjadi clasic simple pada tahun 1980an. Dan jenis-jenis anime robot masih menjadi aliran yang paling diminati sampai saat ini.

0 komentar:

Poskan Komentar